Monday, 22 Jul 2024
  • Religius, Unggul dalam Prestasi, Mulia dalam Budi Pekerti

Pesantren Kilat Asik di SMAN Jogsa

#jogsajuara–Bulan Ramadhan adalah bulan penuh Rahmat dan keberkahan, segenap pengurus Rohis dan Sekbid 1 OSIS SMAN 1 Jogonalan mengadakan kegiatan pesantren kilat dengan melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H dengan mengusung tema “Memanfaatkan Momentum Ramadhan 1444 H dalam membentuk karakter Profil pelajar Pancasila.” Semoga dengan kegiatan tersebut akan menjadikan siswa SMA Negeri 1 Jogonalan yang berkarakter, religius berbudi pekerti luhur sesuai dengan visi dan misi SMAN 1 Jogonalan.

Pesantren Kilat dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an yang diadakan oleh SMAN 1 Jogonalan pada hari Jumat tanggal 14 April 2023. Kegiatan ini diisi oleh penceramah Bp. Dr H. Agus Sukarno, S.Pd.,M.Si. Beliau merupakan dosen dari UPN Veteran Yogyakarta. Kegiatan ini juga diisi dengan kesenian hadroh yg di bawakan oleh siswa-siwi SMAN 1 Jogonalan. Dalam sambutan Ibu Kepala Sekolah, Tantri Ambarsari, S.Pd., M.Eng. menyampaikan bahwa Nuzulul Qur’an adalah peringatan turunnya Al-Qur’an yg dihubungkan dalam Surat Al’Alaq maka dengan diturunkannya Al-Qur’an anak anak untuk dapat membaca dan memahami serta mengplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Inti/isi dari kegiatan ini Bahwa Turunnya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia sehingga bisa membedakan mana yg Haq dan yg batil. Manusia mempunyai tugas antara lain dua hal yaitu Habluminallah (hubungan yang baik dengan Allah) dan Habluminannas (hubungan baik dengan manusia). Sebagai makhluk Allah yg beriman maka harus menjalankan 5 rukun Islam. Sesama manusia kita harus toleransi hidup rukun, sopan santun, hidup rukun. Sehingga tidak memiliki rasa iri, dengki, Sombong, tidak berprasangka buruk terhadap sesama dan tidak mudah putus asa. Sehingga dengan momentum Nuzulul Qur’an ini, kita bisa mewudkan generasi yang Qurani dan mewujudkan generasi Profil pelajar Pancasila (Beriman,Bertaqwa pada Tuhan YME, bersikap baik pada sesama)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Dalam kurikulum merdeka ini banyak upaya yang ditempuh untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu dengan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dalam momentum bulan Ramadhan ini, para peserta didik di SMAN 1 Jogonalan diharapkan mampu untuk membentuk serta meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila yang tetap menekankan nilai religius serta peduli terhadap sesama dan alam sekitarnya.

Akun Resmi Kami :
Instagram: @smanjogsa_official
Tiktok: @sman1jogonalan
Facebook: @Sman jogsa
YouTube: SMAN 1 JOGONALAN
Website: sman1jogonalan.sch.id
#sman1jogonalan
#sekolahintegritas
#smanjogsa
#jogsajuara
#jogsa


KELUAR