Monday, 22 Jul 2024
  • Religius, Unggul dalam Prestasi, Mulia dalam Budi Pekerti

Sosialisasi Perlengkapan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas di SMAN 1 Jogonalan, Upaya Bersama Menanggulangi Tingginya Angka Kecelakaan

Jogonalan, 6 September 2023 – Dalam semangat kepedulian terhadap keselamatan berlalu lintas dan upaya menanggulangi tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Klaten, sejumlah lembaga seperti Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Komisi III DPRD, dan Polres Klaten bekerja sama dalam menyelenggarakan sosialisasi kepada siswa-siswi SMAN 1 Jogonalan yang bertempat di ruang serbaguna sekolah. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang perlengkapan jalan dan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Acara ini dibuka oleh Kepala Sekolah yaitu Bapak Robertus Susanto, S.Pd., yang dilanjutkan dengan pemaparan materi dari beberapa narasumber.

Narasumber yang memberikan materi pada sosialisasi ini antara lain Bapak Supriyono, S.Sos. dari Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, Bapak Kabul Budiyono dari Jasa Raharja, Bapak Yusuf Efendi, A.Md. dari Komisi III DPRD, dan Bapak Slamet Riyadi, SH dari Polres Klaten.

Salah satu masalah serius yang menjadi latar belakang penyelenggaraan sosialisasi ini adalah tingginya angka kecelakaan di wilayah Klaten yang menyebabkan anggaran BPJS terkuras habis sebelum akhir tahun. Dalam rangka menanggulangi masalah ini, sosialisasi diadakan sebagai upaya pencegahan dan edukasi bagi para siswa.

Kegiatan ini menyoroti program nasional keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yang terdiri dari lima pilar utama, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2017. Pilar-pilar ini meliputi sistem yang berkeselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan korban kecelakaan. Semua aspek ini menjadi fokus dalam upaya meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Dalam rangka menyampaikan pesan keselamatan, sosialisasi ini juga membahas empat faktor utama yang berkontribusi pada kecelakaan lalu lintas, yaitu kondisi manusia, kondisi jalan, kendaraan, dan cuaca atau alam. Selain itu, demi keselamatan peserta diajak untuk memahami pentingnya persiapan sebelum berkendara, termasuk kesiapan fisik, kesiapan kendaraan, dan ketaatan terhadap peraturan lalu lintas.

Acara ini mencapai puncaknya dengan memberikan tips keselamatan kepada peserta, seperti mematuhi peraturan lalu lintas, menggunakan kendaraan yang laik jalan, menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara sesuai standar, serta tetap fokus dan berkonsentrasi saat mengemudi.

Selain itu, sosialisasi ini mengulas berbagai aspek terkait dengan santunan, berdasarkan Undang-Undang No 33 Tahun 1964 Jo PP No 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum. Penekanan diberikan pada syarat penerima Jasa Raharja, besarnya santunan yang diberikan, serta siapa yang berhak mendapatkan santunan ini.

Acara ini juga menjadi ajang tanya jawab antara peserta dengan narasumber, yang menjadikan suasana sosialisasi semakin interaktif. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang peraturan lalu lintas dan hak-hak mereka sebagai pengguna jalan, diharapkan siswa-siswi SMAN 1 Jogonalan dapat menjadi pengguna jalan yang lebih bijak dan bertanggung jawab.

Kegiatan sosialisasi perlengkapan jalan dan keselamatan lalu lintas ini adalah langkah konkret dalam menjaga keselamatan dan perlindungan masyarakat, serta memastikan bahwa anggaran BPJS dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Semoga sosialisasi ini memberikan dampak positif yang signifikan dalam mengurangi kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Klaten.

Akun Resmi Kami :
Instagram: @smanjogsa_official
Tiktok: @sman1jogonalan
Facebook: @Sman jogsa
YouTube: SMAN 1 JOGONALAN
Website: sman1jogonalan.sch.id
#sman1jogonalan
#sekolahintegritas
#smanjogsa
#jogsajuara
#jogsa

KELUAR